Rabu, 15 Desember 2010

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) FH UNTAN Tahun 2010

Fakultas Hukum merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Universitas Tanjungpura memiliki visi, misi, tujuan, dan sasaran yang ingin dicapai dengan bertumpu kepada 3 (tiga) Pilar Perguruan Tinggi. Visi, misi, tujuan, dan sasaran yang hendak dicapai terjabar secara umum dalam Kebijakan Strategis dan Kebijakan Operasional Tahun 2008 - 2012 dan secara konkrit tertuang dalam Perencanaan kegiatan dan anggaran tiap-tiap bidang, yaitu bidang Pendidikan, bidang Umum Perlengkapan, bidang Kemahasiswaan & Alumni, bidang Kepegawaian, dan bidang Keuangan.

Secara umum semua perencanaan setiap bidang telah berjalan sebagaimana diharapkan, namun berbagai kendala dan hambatan yang berhubungan dengan sarana prasaran, sumber daya manusia dan peningkatnnya terus diupayakan. Mekanisme kerja, struktur organisasi, penataan sistem pendidikan belum dipahami secara jelas, sehingga perlu ditingkatkan pemahaman itu melalui berbagai cara dan program kegiatan pelatihan, magang, studi banding, dan lain-lain.


Prasarana, sarana dan penataan lingkungan kampus perlu terus ditingkatkan dengan mendesain dan menata berbagai fasilitas lama dan baru yang sudah diprogramkan dalam kegiatan dan anggaran 2010. Kualitas pembelajaran perlu terus ditingkatkan dengan melakukan pengembangan sumberdaya manusia yang berpendidikan Strata 2 dan Strata 3 dengan didukung oleh penambahan sarana dan media pembelajaran, pembenahan dan penataan ruang representatif bagi dosen dan karyawan. Kegiatan penelitian dan pengabdian terus berjalan dan meningkat, walau tidak signifikan, namun kerjasama antar lembaga dalam rangka pembuatan peraturan daerah maupun pengkajian terus dirintis agar berkesinambungan. Rekruitmen dosen telah dilakukan walaupun jumlah yang dialokasikan ke Fakultas Hukum belum signifikan dengan jumlah tenaga dosen yang sudah pensiun atau meninggal dunia. Pemenuhan kebutuhan terhadap sarana informasi sudah cukup tersedia meskipun belum berjalan secara maksimal. Sistem Akademik Online, Siakad, EPSBED, Sinaga, Simalum, dan Jaringan terus ditingkatkan sistemnya guna menjamin kebutuhan dan pelayanan terhadap civitas akademika secara online, cepat dan akurat.


Pada perencanaan anggaran secara baik terserap dalam berbagai kegiatan yang telah direncanakan dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) Fakultas Tahun 2010. Secara cepat pencairan dana dari Universitas belum sebanding dengan intensitas pengajuan pertanggung-jawaban fakultas, sehingga fakultas harus mencari cara agar kegiatan pembelajaran dan kegiatan yang mendukung pendidikan pengajaran dapat dibiayai.





Uraiaan di atas merupakan ikhtisar dari Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Fakultas Hukum UNTANTahun 2010 yang telah selesai pada tanggal 14 Desember yang lalu, dimana batas pengumpulan akhir ke Universitas Tanjungpura hari Sabtu, 18 Desember 2010.