Sabtu, 11 Desember 2010

Kuliah Konstitusi & Suara Konstitusi : Wikileaks & Kebebasan Informasi

Wikileaks yang akhir akhir ini mendadak beken dengan pemberitaan yang sangat sensitif. Wikileaks adalah sebuah organisasi di negara Swedia yang mempublikasikan berbagai dokumen sensitif dari pemerintah serta organisasi lain, yang sumbernya "anonim". Bagi penggelut media, tentunya mereka telah mengetahui yang saat ini telah berkembang pesat dengan database 1,2 juta file. dalam perjalanannnya dalam “mengubah” berita adalah prinsip kebebasan informasi yang dijunjung tinggi, Wikileaks menjadi signifikan. Wikileaks menerima kiriman dokumen sensitif dari berbagai pihak yang biasanya tidak dapat dipublikasikan, melakukan verifikasi kebenarannya. Setelah itu berita tersebut diterbitkan pada situs Wikileaks.
Selain karena alasan keamanan, anonimitas narasumber dijaga dengan sangat baik. Demikian pula tentang keterbukaan dan kebebasan informasi. Dokumen yang diterbitkannya seringkali adalah dokumen yang membuka berbagai kasus di berbagai negara, yang terkadang bertentangan dengan apa yang diberitakan oleh media.

Itulah cuplikan Kuliah Konstitusi & Suara Kontitusi yang akan dibahas pada hari Selasa, 14 Desember 2010 dengan tema "Wikileaks dan Kebebasan Informasi". Kegiatan tersebut akan disiarkan secara langsung dari Studio MKTV, Gedung MKRI, Jakarta dan juga melalui jaringan Video Conference di seluruh Fakultas Hukum se-Indonesia yang dimulai pukul : 16.00 – 17.00 WIB (Kuliah Konstitusi) & 17.00 – 18.00 WIB (Suara Konstitusi).

0 comments: