Kamis, 07 Januari 2010

Selamat Datang Peserta Konvensi Kampus VI & Temu Tahunan XII Forum Rektor Indonesia

Pada tahun ini Universitas Tanjungpura (UNTAN) diberi kehormatan untuk menyelenggarakan Konvensi Kampus VI & Temu Tahunan XII Forum Rektor Indonesia (FRI). Acara tersebut rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 8 ~ 9 Januari 2010 serta akan dihadiri oleh rektor seluruh Indonesia. Hingga saat ini para undangan telah datang mencapai 80 orang rektor.

Adapun tema yang akan diusung kali ini, adalah "Meneguhkan Peran Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Jati Diri & Martabat Bangsa". Beliau menjelaskan, ada 2 makna dalam tema Konvensi Kampus tahun 2010, yaitu perguruan tinggi harus mampu mengikuti perkembangan kehidupan bangsa & negara yang memiliki berbagai persoalan multidimensi, sehingga tidak hanya menjadi komentator & kritikus bagi pemerintah. Namun harus memposisikan diri serta memberikan pandangan yang jauh dalam merespon persoalan bangsa.

Rektor UNTAN, Bapak Prof. Dr. H. CHAIRIL EFFENDI, MS mengatakan Konvensi Kampus tersebut akan dikaitkan dengan kondisi bangsa saat ini yang sebagian elemennya terperangkap pada pola pikir, sikap, dan tingkah laku yang tidak lagi sesuai dengan jati diri serta cenderung menodai martabat bangsa. Seperti pemanfaatan sumber daya alam yang serakah tanpa memikirkan dampaknya, pamer kekayaan, pola konsumtif, birokrasi korup, demokrasi prosedural dengan kualitas minimal, pendidikan yang tidak mencerdaskan, katanya.

Beliau juga mengatakan bahwa "Tema itu kami angkat untuk memberikan kontribusi terhadap pembangunan bangsa dengan terlibat aktif untuk menjaga jati diri dan martabat bangsa berdasarkan prinsip keunggulan, kepeloporan, kejuangan dan pengabdian".

Adapun yang akan menjadi narasumber kegiatan tersebut, yaitu
  • Menteri Pendidikan Nasional RI, MUHAMMAD NUH yang akan membawa materi : "Peran Perguruan Tinggi Dalam Membangun Jati Diri & Martabat Bangsa
  • Ketua Mahkamah Konstitusi RI, MOH. MAHFUD MD yang akan membawa materi : Keniscayaan Reformasi Hukum : Upaya Meningkatkan Jati Diri & Martabat Bangsa).
  • Wakil Ketua KPK, HARYONO UMAR yang akan membawa materi : (Korupsi: Penghancuran Jati Diri & Martabat Bangsa), serta
  • Staf Khusus Presiden Bidang Hukum, DENNY INDRAYANA yang akan membawa materi : (Pemberantasan Mafia Hukum : Upaya Menjaga Jati Diri & Martabat Bangsa.

Rektor UNTAN juga menambahkan bahwa UNTAN juga akan mengundang Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Nah, selesai acara Konvensi Kampus VI & Temu Tahunan XII FRI laporannya akan disampaikan ke Presiden RI.

0 comments: