Kamis, 29 Oktober 2009

Pidato Pengukuhan : Penegakan Hukum, Pembaharuan Hukum, & Rancang Bangun Hukum Progresif

Persoalan penegakan hukum dewasa ini merupakan topik pembicaraan yang hampir mengisi hampir semua ruang diskusi, mulai dari ruang akademis yang formal sampai dengan ruang publik yang demikian cair. Berbagai sisi penegakan hukum diulas dengan dalil, prinsip, dan teori hukum, bahkan sampai pada gurauan dan seloroh sarkastik yang menunjukan keprihatinan atas berbagai masalah penegakan hukum yang tak kunjung usai di negeri tercinta ini.

Sebagian kalangan berbicara lantang dan terus terang tentang distorsi, antara lain Law In Book & Law In Action. Mereka mencari - cari, mereka - reka, dan bahkan terkadang menjatuhkan tuduhan kepada pihak - pihak tertentu atas kegagalan penegakan dan penerapan Law In Book dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu pihak yang sering dituding menjadi bagian dari gambaran suram ini adalah dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi hukum yang menjadi penyedia dan penghasil sumber daya yang bekerja diberbagai bidang profesi hukum.
Itulah salah satu kutipan dari Pidato Pengukuhan Guru Besar Fakultas Hukum UNTAN Dalam Bidang HUKUM PAJAK, di Pontianak Kamis 29 Oktober 2009 oleh Prof. Dr. GARUDA WIKO, SH., M.Si

0 comments: