Sabtu, 18 April 2009

UNTAN Targetkan 400 Doktor

Rektor Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak, Dr. Chairil Effendy, menargetkan tujuh tahun kedepan pihaknya bisa menyekolahkan sebanyak 400 orang dosen di lingkungan Untan Pontianak bisa menyelesaikan pendidikan doktor.
“Tahun ini paling tidak kita akan menyekolahkan sebanyak 40 orang dosen untuk menyelesaikan gelar doktor dengan biaya dari bantuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, tahun 2009 sebesar Rp. 11,7 miliar,” kata Chairil Effendy.
Ia mengatakan, bantuan Pemprov Kalbar sebesar itu sebagian besar akan digunakan untuk pembiayaan pendidikan S3 para dosen Untan Pontianak yang diperkirakan jumlahnya bisa mencapai 40 orang.
“Kalau bantuan dari Pemprov Kalbar ke depan bisa meningkat, Insya Allah tujuh tahun ke depan bisa 400 orang dosen yang bisa menyelesaikan pendidikan hingga S3,” katanya.
Ia menambahkan, paling tidak dari 400 dosen yang bergelar S3, 50 persen di antaranya bisa menyumbangkan karyanya untuk Kalbar.
Selain itu, Untan Pontianak, sedang mengincar hibah dari kompetisi Pendidikan Tinggi (Dikti) Departemen Pendidikan Nasional melalui Indonesia Managing - Harger Education Relevance and Eficiency (IM - HERE) sebesar Rp. 17 miliar, yang akan dipergunakan peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) dosen seperti melanjutkan pendidikan hingga S3.
Secara keseluruhan, jumlah dosen di Untan Pontianak yang berkualifikasi S2 sebanyak 549 orang, S3 sebanyak 68 orang atau 68,10 persen dari seluruh dosen. Sementara untuk jumlah mahasiswa terdaftar tahun akademik 2007/2008 sebanyak 13.805 orang, baik reguler dan non reguler, Chairil Effendy.

Sumber Berita : www.untan.ac.id

0 comments: