Sabtu, 09 Juli 2011

Simposium Internasional "Contitutional Democratic State"

Dalam rangka memperingati Ulang Tahun ke-8, Mahkamah Konstitusi RI bekerjasama dengan Dewan Perwakilan Rakyat RI akan menyelenggarakan Simposium Internasional pada tanggal 11 ~ 13 Juli 2011 di Shangri-La Hotel Jakarta. Acara ini akan dihadiri oleh Ketua Mahkamah Konstitusi dengan Ketua Parlemen negara -negara dari kawasan Asia, Amerika, Afrika, dan Eropa.

Tema Simposium Internasional adalah "Negara Demoktrasi Internasional" ("Contitutional Decratic State") yang kemudian dielaborasikan kedalam 3 sub tema, yaitu :
  1. Peran Mahkamah Konstitusi dan Institusi Sejenis Dalam Menguatkan Prinsip - Prinsip Demokrasi (The Role of The Constitutional Court and Equivalent Institutions in Strengthening The Principles of Democracy) ;
  2. Demokratisasi Proses Pembuatan Undang - Undang (Democratisation of Lawmaking Process) ;
  3. Mekanisme Checks and Balances diantara Lembaga - Lembaga Negara (The Mechanism of Checks and Balances among State Intitutions).
Penyelenggaraan Simposium Internasional ini dimaksudkan selain segai forum untuk berbagai informasi, wawasan, dan pengetahuan terutama mengenai pengalaman dan praktik di negara - negara peserta juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi penerapan dan penguatan nilai - nilai demokrasi demi tegaknya negara demokrasi konstitusional di masing - masing negara peserta.

Pada kegiatan tersebut rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI, Ketua MPR RI, Ketua DPR RI, Ketua DPD RI, Ketua MKRI, serta para pembicara yang berkompeten dari Ketua Dewan Konstitusi, Hakim Konstitusi, Presiden Mahkamah Konstitusi dari berbagai negara, Dekan – Dekan Fakultas Hukum atau Staf Pengajar Hukum Tata Negara se-Indonesia dan undangan lainnya.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka MKRI mengundang Bapak / Ibu / Saudara / (i) Dosen / Mahasiswa untuk mengikuti Seminar Internasional yang akan diadakan pada hari Senin~Rabu, 11~13 Juli 2011, bertempat di ruang Video Conference FH UNTAN, mulai jam 09.00 WIB sampai selesai. Bagi peserta yang dapat mengikuti secara penuh dengan dibuktikan dengan mengisi daftar hadir, maka pihak penyelenggara akan memberikan Sertifikat Internasional.