Kamis, 20 Mei 2010

Sejarah Singkat FH UNTAN

Sejarah perkembangan Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Pontianak paralel dengan sejarah perkembangan Universitas Tanjungpura. Pada saat lahirnya pada tanggal 20 Mei 1959 sebagai Perguruan Tinggi Swasta bernama Universitas Daya Nasional (UNDANAS), didirikan berdasarkan Akte Notaris No. 29 tanggal 29 Mei 1961. Fakultas Hukum merupakan Fakultas pertama yang dibuka, bersama dengan Fakultas Tata Niaga. Fakultas Hukum pada awalnya diasuh oleh tenaga - tenaga pengajar (Dosen) tidak tetap, yaitu para Sarjana Hukum dari beberapa Instansi yang ada di Pontianak ketika itu, demikian juga latar belakang mahasiswa saat itu terdiri dari Pegawai Negeri, TNI, dan lain - lain.

Dengan Keputusan P.T.I.P No. 53 Tahun 1963, Tanggal 16 Mei 1963 diganti menjadi Universitas Negeri lalu menjadi Universitas Negeri Pontianak (UNEP) yang hanya memiliki 1 Program Studi, yakni Ilmu Hukum yang bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) pada saat itu.
Dalam perkembangan selanjutnya pada tahun 1972, Program Studi telah dimekarkan menjadi 3 Jurusan, yaitu JURUSAN KEPERDATAAN, JURUSAN PIDANA, dan JURUSAN KETATANEGARAAN. Sistem penjurusan ini setelah 22 tahun kemudian, tepatnya pada Tahun 1993 atas prakarsa Konsorsium diganti menjadi Bidang – Bidang Studi Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura, yaitu : BIDANG STUDI HUKUM KEPERDATAAN, BIDANG STUDI HUKUM PIDANA, dan BIDANG STUDI HUKUM TATA – NEGARA.

Pada saat itu Fakultas Hukum UNTAN dilengkapi dengan Fasilitas Fisik yang terdiri dari : 15 Ruang Kelas, 1 Ruang Laboratorium Hukum, 1 Ruang Perpustakaan, 1 Ruang Dekan, 3 Ruang Staf Pengajar, dan 10 Ruang Administrasi.

Pada Tahun 2002, tepatnya pada tanggal 25 Oktober 2002, berdasarkan S.K. Dekan No. 2273/3(1)/J22.1/PP/2002 dibentuklah Bidang Studi Hukum Ekonomi & Internasional. Hal ini dimaksudkan agar Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum UNTAN mampu mengeluarkan lulusan yang siap pakai dan mampu bersaing dengan lulusan yang berasal dari dalam maupun luar negeri.Adapun para Sarjana Pertama Fakultas Hukum yaitu : ALIMAN URIPMIHARDJA, HUDSON TAMPUBOLON, LIBER SIANTURI SIMATUPANG, SODIBJO, BUHARNUDDIN, TARIBEL FIRDINAND MANURUNG, MANSYUR IDRIS dengan tanggal kelulusan 19 Desember 1966, sedangkan lulusan pertama untuk perempuan adalah SITTI AMINAH, S yang lulus tanggal 5 Mei 1971. Program studi yang terdapat di Fakultas Hukum UNTAN hingga saat ini adalah : Ilmu Hukum.

0 comments: