Kamis, 01 April 2010

MK Selenggarakan Debat Konstitusi 2010 Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia

Jakarta, MKOnline - Kiprah Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai lembaga peradilan ketatanegaraan telah berdampak pada perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia, khususnya ilmu hukum. Akan tetapi, perkembangan tersebut belum diikuti oleh peningkatan pemahaman para akademisi, khususnya mahasiswa terhadap berbagai isu konstitusi dan permasalahan konstitusionalitas norma-norma hukum di Indonesia.


Dalam rangka meningkatkan pemahaman para mahasiswa dan sivitas akademika terhadap berbagai isu konstitusi, MK menyelenggarakan lomba Debat Konstitusi Tingkat Mahasiswa Perguruan Tinggi se-Indonesia 2010. Penyelenggaraan ini adakah kali ketiga lomba debat perihal isu konstitusi yang digelar oleh MK.




Berbeda dengan dua edisi sebelumnya, lomba Debat Konstitusi 2010 diselenggarakan lebih luas dengan cakupan peserta sebanyak 64 perguruan tinggi dari seluruh wilayah Indonesia. Jumlah ini hampir tiga kali lipat dari penyelenggaraan sebelumnya. Selain itu, pada Debat Konstitusi 2010 tahapan lomba dibagi menjadi dua tingkatan, yakni tingkat nasional dan tingkat regional sebagai seleksi untuk menuju tingkat nasional.




Seluruh peserta dibagi menjadi lima regional. Regional I untuk wilayah Sumatera diselenggarakan di Universitas Andalas, Padang. Regional II yang meliputi wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat diselenggarakan di Universitas Indonesia, Jakarta. Untuk regional III yang terdiri atas wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Sementara untuk wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara atau regional IV, dilaksanakan di Universitas Airlangga, Surabaya. Dan yang terakhir, regional V untuk wilayah Sulawesi, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Maluku, dan Papua diselenggarakan di Universitas Hasanuddin, Makassar.




Hal lain yang menarik dari Debat Konstitusi 2010 adalah para peserta yang ambil bagian tidak terbatas hanya bagi para mahasiswa yang berlatar belakang ilmu hukum. Mahasiswa ilmu arsitektur atau ilmu teknik dirgantara dari ITB dan ITS Surabaya juga memiliki kesempatan berolah argumentasi soal hak konstitusionalnya. Begitu pula para mahasiswa ilmu kehutanan atau ilmu kedokteran hewan dari IPB dapat menguji kemampuan para mahasiswa ilmu politik atau ilmu ekonomi dari UI dan kampus lain.Para peserta dari berbagai latar belakang disiplin ilmu tersebut akan saling beradu argumentasi di hadapan para juri yang berasal dari berbagai kalangan, baik akademisi, pakar berbagai keilmuan, tokoh nasional, serta para pelaku perubahan UUD 1945 itu sendiri. Mereka akan beradu argumentasi soal berbagai topik mulai dari isu UU Pornografi hingga soal penyadapan.




Debat Konstitusi 2010 ini akan diselenggarakan secara bertahap pada tingkat regional mulai 1 Mei hingga 16 Juni 2010 di setiap regional. Sedangkan untuk tingkat nasional, akan dilaksanakan mulai 10 Agustus 2010 dengan babak final akan diselenggarakan pada 12 Agustus 2010, satu hari sebelum peringatan ulang tahun MK ke-7. Melalui lomba Debat Konstitusi 2010, diharapkan akan dapat menumbuhkan kesadaran berkonstitusi serta meningkatkan kemampuan mahasiswa mendalami dan memahami masalah-masalah konstitusi. Selain itu, diharapakan pula dapat tumbuh budaya perbedaan pendapat secara konstruktif di kalangan mahasiswa dalam memahami implementasi perubahan UUD 1945.(RN Bayu Aji)





Sources : http://www.mahkamahkonstitusi.go.id/index.php?page=website.BeritaInternalLengkap&id=3857

0 comments: