Selasa, 12 Mei 2009

Pengukuhan Guru Besar UNTAN

Selamat & Sukses, atas pengukuhan, Bapak Prof. Dr. H. CHAIRIL EFFENDY, MS., sebagai Guru Besar (Ilmu Sastra) Universitas Tanjungpura yang dilakukan pada hari Senin, 11 Mei 2009. Pada kesempatan tersebut beliau mengatakan bahwa beliau sangat prihatin dengan kondisi sastra lisan yang terpengaruh oleh kemajuan zaman terutama dibidang industrialisasi. Sebab ketika era industrialisasi datang, maka kebanyakan penduduk sekitarnya tidak siap untuk menghadapinya dan terjadilah kegamangan / kebingungan. Ini akan berdampak akan hilangnya jati diri kita sebagai bangsa yang memiliki budaya tinggi. Makin langkanya sastra lisan tersebut, hanya menimbulkan kenangan saja. Beliau yang kelahiran Singkawang 9 Mei 1957 silam juga mengatakan bahwa sastra lisan akan berkembang pada saat alam sekitar masih bersifat tradisional.
Sastra lisan juga banyak didokumentasikan dalam bentuk tulisan, yang berarti tidak sealami jika dalam bentuk langsungnya, kata beliau. Chairil Effendy juga mengatakan bahwa dibeberapa negara barat, misalnya di Jerman ada tempat latihan bagi orangtua untuk dapat melakukan kegiatan belajar mengajar, misalnya bagaimana untuk dapat mendongeng yang baik dan diberikan langsung pada anak - anaknya. Beliau juga mengatakan : Mendongeng terasa kurang hangat, bila dibandingkan ibu yang menyampaikan secara langsung.
Pada kesempatan tersebut juga, selain membagikan naskah pidato, beliau juga membagikan buku - buku dongeng kepada para peserta : "Anak Hantu" (Seri Dongeng Melayu), anak hantu merupakan cerita lisan yang dipaparkan oleh Pak Murjani di daerah sejangkung kalbar.
Beliau juga tak lupa mengucapkan terima kasih secara khusus kepada neneknya tercinta, karena beliau dapat menjadi guru besar berawal dari kecintaannya pada sastra lisan / dongeng. Selamat & sukses ya ....... buat Bapak CHAIRIL. Semoga dapat menulis karya - karya lainnya yang bermanfaat. Amin .........

0 comments: